Search for collections on Repository Universitas Peradaban

UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TARI PIRING DI MADRASAH IBTIDAIYAH MODERN AL-AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Puryati, Anisya (2016) UPAYA MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TARI PIRING DI MADRASAH IBTIDAIYAH MODERN AL-AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40212071_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (292kB)
[img] Text
40212071_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (67kB)
[img] Text
40212071_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (122kB)
[img] Text
40212071_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (65kB)
[img] Text
40212071_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (86kB)
[img] Text
40212071_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (110kB)
[img] Text
40212071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2017.

Download (51kB)
[img] Text
40212071_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 31 December 2017.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas siswi melalui kegiatan ekstrakulikuler tari piring di Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Azhary Ajibarang Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswi kelas satu sampai empat di Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Azhary. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan triangulasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Azhary yang dilihat dari beberapa indikator, seperti peka terhadap lingkungan, selalu tanggap terhadap rangsangan sensoris, teliti dalam mengamati sesuatu, penuh rasa ingin tahu, bersikap terbuka dan peka terhadap sesuatu yang menarik dan senantiasa ingin mencoba hal yang baru dan mengutamakan orisionalitas (keaslian). Kegiatan tari khususnya tari piring yang dilaksanakan dapat membuat respon positif baik bagi para siswi maupun guru-guru yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Azhary. Kemudian sudah terbukti bahwa dengan adanya kegiatan tari piring yang dilaksanakan setiap hari jumat ini para siswi dapat menumbuhkan kreativitasnya dan mencoba hal yang baru lewat tari piring dengan tampil pada acara yang diadakan di Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Azhary dan mereka percaya diri menari dihadapan banyak orang. Data tersebut juga didukung dengan observasi pada saat latihan tari maupun pembelajaran di kelas, wawancara dengan siswa, guru dan tutor, dan dokumentasi lainnya yang dapat memberikan bukti tentang penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSandi, M.Sn, Noviea VarahdilahUNSPECIFIED
ExaminerMubarok, M.Pd, Muh. ShofiUNSPECIFIED
ExaminerAnggraeni, Ditia YulianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Tari Piring, MI Modern Al-Azhary
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
700 Kesenian dan Rekreasi > 790 Aktivitas Rekreasi dan Olah Raga > 793 Permainan atau Hiburan > Tari Tarian;Tarian Daerah
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:54
Last Modified: 25 Apr 2017 09:17
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item