CAHYOKO, Wahyu (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 DERMAJI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.docx - Published Version Download (22kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (90kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (894kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Wahyu Cahyoko-40216073-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan kemandirian siswa yang disebabkan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SD Negeri 2 Dermaji. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa kelas V SD Negeri 2 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Adapun pengaruh yang ditimbulkan media pembelajaran QR Code terhadap hasil belajar adalah sebesar 54,80%, sedangkan 45,20% sisanya dipengaruhi variabel lain. Sementara itu, pengaruh yang ditimbulkan media pembelajaran QR Code terhadap kemandirian adalah sebesar 70,80%, sedangkan 29,20% sisanya dipengaruhi variabel lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, QR Code, hasil belajar, kemandirian | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:16 | ||||||
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1004 |
Actions (login required)
View Item |