SOLIHATUN, Winda (2021) ANALISIS KESULITAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) BAGI GURU DAN SISWA DITINJAU DARI SEKOLAH NEGERI DAN SWASTA DI DESA CILANGKAP KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.doc - Published Version Download (27kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (86kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Winda Solihatun- 40217014-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
Abstract
Kondisi pandemi ini sistem pembelajaran berubah menjadi pembelajaran Daring. Dengan pembelajaran Daring mengakibatkan adanya kesulitan yang dihadapi guru dan siswa, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kesulitan pelaksanaan pembelajaran Daring dan solusi yang dilakukan guru dan siswa sekolah negeri dan swasta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Cilangkap dan MI Ma’arif NU 1 Cilangkap. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, siswa dan wali murid kelas V. Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berupa literatur jurnal. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Tahap analisis data mencakup reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran Daring bagi guru dan siswa sekolah negeri dan swasta baik kesulitan dalam kekuatan jaringan, kurangnya penjelasan terkait materi pembelajaran, ketidak tahuan bagaimana tingkat kemampuan siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan pembelajaran Daring yaitu siswa diberi toleransi ketika terkendala kekuatan jaringan, ketika terdapat materi yang sulit menanyakan kepada guru, dan melakukan tanya jawab untuk mengukur pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, Solusi, Pembelajaran Daring, Sekolah Negeri dan Swasta | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:15 | ||||||
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:15 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
View Item |