Nisa, Annisa Hiyarotun (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENUMBUHAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD NEGERI SINDANGWANGI 01. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212012_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (396kB) |
|
Text
40212012_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (59kB) |
|
Text
40212012_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (134kB) |
|
Text
40212012_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (61kB) |
|
Text
40212012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (190kB) |
|
Text
40212012_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (47kB) |
|
Text
40212012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (43kB) |
|
Text
40212012_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa tanggung jawab siswa terhadap tugasnya dalam pembelajara kelompok yang masih rendah di kelas V SD Negeri Sindangwangi 01 Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing terhadap penumbuhan rasa tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri Sindangwangi 01 tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Sindangwangi 01 tahun pelajaran 2015/2016, teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling, terpilih kelas V sebagai sampel penelitian ini. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai R2 dari variabel model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing sebesar 82,4 % terhadap penumbuhan rasa tanggung jawab siswa. Rasa tanggung jawab siswa dalam pembelajaran kelompok lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran tipe kancing gemerincing, dan terbukti ada pengaruh. Hasil wawancara dengan guru kelas V yaitu; model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing efektif untuk memecahkan permasalahan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran kelompok. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe kancing gemerincing terhadap penumbuhan rasa tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri Sindangwangi 01 tahun peajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing, Rasa Tanggung Jawab | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2017 09:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2017 09:46 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/101 |
Actions (login required)
View Item |