AMALA, Istimatul (2021) PENGEMBANGAN BIG BOOK BAHASA JAWA BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN PLOMPONG 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (10MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.doc - Published Version Download (27kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (117kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Istimatul Amala-40217024-Skripsi-2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini di latar belakangi oleh minimnya penggunaan media dalam proses mengajar yakni guru kelas II yang ketika mengajar hanya menggunakan media buku cetak bahasa Jawa saja. Selain hal tersebut, hal lain yang memicu adalah keterbatasan media yang tersedia di sekolah sehingga perlu mengembangkan media big book bahasa Jawa berbasis blended learning untuk proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media big book bahasa Jawa berbasis blended learning dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas II di SDN Plompong 02 dalam pembelajaran bahasa Jawa tema 2 yaitu kegiatan. Jenis penelitian ini adalah RND menggunakan model 4D yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Desiminate). Adapun teknik analisis dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Plompong 02. Analisis data yang digunakan adalah hipotesis, uji t, dan G-gain. Hasil perhitungan -thitung < -ttabel, yaitu -3,449 < -2,567, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran big book bahasa Jawa berbasis blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Big Book, Blended Learning, Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2022 06:19 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2022 06:19 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1022 |
Actions (login required)
View Item |