Nurlaela, Ela (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE POSTER SESSION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI MAYANA 02 KECAMATAN BANTARKAWUNG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212026_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (396kB) |
|
Text
40212026_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (67kB) |
|
Text
40212026_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (95kB) |
|
Text
40212026_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (177kB) |
|
Text
40212026_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (203kB) |
|
Text
40212026_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (48kB) |
|
Text
40212026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (57kB) |
|
Text
40212026_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (666kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Mayana 02. Siswa cenderung pasif dan kurang aktif dalam pembelajaran karena selama proses pembelajaran yang dilakukan tidak menggunakan metode pembelajaran, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa adanya aktivitas yang lain. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan metode poster session terhadap hasil belajar siswa pada materi IPS kelas IV. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre experimental desain on group pretest posttest, sumber data berupa data primer yaitu berupa hasil tes dan data sekunder yang berupa dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Mayana 02, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri Mayana 02 yang berjumlah 76 siswa, sedangkan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mayana 02 yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa besarnya pengaruh antara metode pembelajaran poster session terhadap hasil belajar sebesar 0,650 atau 65,0% artinya penggunaan metode poster session signifikansi terhadap hasil belajar siswa dengan 3,856 > 2,306 dan dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode poster session terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Mayana 02 kecamatan Bantarkawung.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Poster Session, Hasil Belajar, Jenis Buah dan Manfaatnya | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2017 14:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2017 14:49 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/106 |
Actions (login required)
View Item |