ISKANDAR, Nur (2022) PENGEMBANGAN LKS SAKU CERITA SUBTEMA KERAJAAN HINDHU BUDHA DAN ISLAM KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR MAARIF NU 01 PANDANSARI BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (663kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.doc - Published Version Download (32kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NUR ISKANDAR-40217031-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kesulitan memahami materi dan kurang praktisnya media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran masih monoton hanya sebatas buku paket yang diperoleh dari pemerintah saja yang mana buku paket tersebut berat dan berukuran besar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa LKS Saku Cerita dan mengetahui kelayakan media serta mengetahui respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Desminate) dari Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Maarif NU 01 Pandansari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian diperoleh produk layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media dengan nilai 3,96 yang termasuk dalam kategori baik, hasil validasi materi memperoleh nilai 4,3 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi bahasa memperoleh nilai 4,2 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian diperoleh 4,31 layak dan valid digunakan. Hasil uji coba terbatas dengan nilai 4,0 dengan kategori baik hasil uji coba lapangan dengan nilai 3,7 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan LKS Saku, Kelayakan Media, Respon Siswa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 08 Dec 2022 03:26 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2022 03:26 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1096 |
Actions (login required)
View Item |