ANALISIS PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA UMK DI KECAMATAN BUMIAYU (Studi Kasus Bank BRI Bumiayu)

PRATAMA, ANANDA EKA (2017) ANALISIS PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA UMK DI KECAMATAN BUMIAYU (Studi Kasus Bank BRI Bumiayu). Masters thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
411120012_ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ImageMagick conversion from text to application/pdf)
411120012_ARTIKEL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif pada pengusaha UMK terkait perkembangan UMK setelah adanya pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). Berdasarkan data yang diperoleh, kesejahteraan warga di Kecamatan Bumiayu masih tergolong rendah. Banyak UMK ingin menggembangkan usahanya namun terbentur masalah modal. Pengembangan UMK juga masih mengalami berbagai hambatan dan tantangan dalam persaingan usaha yang semakin ketat. Penelitian ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Pendapatan Pengusaha UMK di Kecamatan Bumiayu”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman KUR terhadap perkembangan UMK di Kecamatan Bumiayu. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMK yang memiliki pinjaman KUR BRI di Kecamatan Bumiayu. Jumlah responden yang menjadi sampel penelitian adalah 70 responden. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sample jenuh.. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa modal sendiri (X1) dan modal pinjaman KUR (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan UMK di Kecamatan Bumiayu. Dari hasil tersebut diperoleh juga hasil yang menunjukkan bahwa pendapatan UMK menjadi lebih besar setelah adanya KUR dibandingkan sebelum mendapat pinjaman KUR. Jadi dengan adanya pinjaman KUR bagi para pelaku UMK akan meningkatkan perkembangan UMK tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan, Ekonomi Biaya,Pembiayaan > Kredit, Kredit Rumah, Kredit Konsumstif, Kredit Usaha
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Kewirausahaan, UKM
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Prodi Akuntansi (S1)
Depositing User: S.Sos Muhammad Nidzom
Date Deposited: 19 Mar 2017 04:46
Last Modified: 30 Apr 2017 03:52
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item View Item