Kusna, Eni Anidaul (2016) PERAN HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MEMBENTUK SOFT SKILL MAHASISWA DI UNIVERSITAS PERADABAN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212160_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (324kB) |
|
Text
40212160_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (71kB) |
|
Text
40212160_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (101kB) |
|
Text
40212160_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (68kB) |
|
Text
40212160_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (152kB) |
|
Text
40212160_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (54kB) |
|
Text
40212160_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (54kB) |
|
Text
40212160_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 December 2017. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan teknis (hard skill) atau kecerdasan intelektual (IQ), tetapi minim dibidang kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (soft skill). Keberadaan Himpunan Mahasiswa PGSD bertujuan melengkapi antara soft skill dan hard skill. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Subjek penelitian ini yaitu pengurus himpunan mahasiswa FKIP Universitas Peradaban angkatan 2015/2016. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan kesimpulan (conclusing drawing verification). Hasil penelitian yang diperoleh mengenai peran Himpunan Mahasiswa PGSD dalam membentuk soft skill terbagi menjadi dua kemampuan, yaitu 1) kemampuan intrapersonal seperti kepercayaan diri, kemampuan menilai terhadap diri, dapat mengelola waktu, dan konsisten, sedangkan 2) kemampuan interpersonal seperti kemampuan memimpin, mempunyai pengaruh, dapat berkomunikasi, mampu mengelola konflik, dan dapat bekerjasama dengan tim.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Himpunan Mahasiswa Jurusan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Soft Skill. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan Tinggi > Organisasi dan Aktivitas di Perguruan Tinggi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 May 2017 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 May 2017 03:59 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/141 |
Actions (login required)
View Item |