Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERAN DAN STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS VII SMP ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU

MEILINDA, Nanik Egi (2023) PERAN DAN STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS VII SMP ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Nanik Egi-40419021-Skripsi-2023.docx - Published Version

Download (9kB)
[img] PDF (COVER)
COVER_Nanik Egi-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023-1.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Nanik Egi Meilinda-40419021-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menjelaskan masalah-masalah tentang 1) peran guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks berita, dan 2) strategi komunikasi guru pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks berita, di kelas VII SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan waka kurikulum, peran guru pada penerapan kurikulum merdeka adalah menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, dan memberikan ruang yang cukup bagi siswa. Selain itu, terdapat strategi komunikasi yang digunakan guru dalam pembelajaran, yaitu strategi komunikasi informatif, strategi komunikasi persuasif, strategi komunikasi instruktif/koersif, dan strategi komunikasi hubungan manusiawi. Strategi komunikasi mempengaruhi keberhasilan peran guru dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan strategi komunikasi digunakan guru dalam melaksanakan sesuatu, yang menjadi indikator maupun kriteria keberhasilan masing-masing peran. Oleh karena itu, dalam melaksanakan satu peran, guru dapat menggunakan beberapa strategi komunikasi yang berbeda. Dengan demikian, strategi komunikasi menjadi salah satu penentu atau pengukuran keberhasilan peran guru pada proses pembelajaran, selain indikator maupun kriteria peran guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWAKHYUDI, YukhsanNIDN 0611078402
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Strategi Komunikasi, Pembelajaran, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Manajemen Kelas, Pengajaran
400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Pembelajaran Bahasa; Pendidikan Bahasa; Riset Bahasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:32
Last Modified: 23 Nov 2023 03:32
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item