Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI (Studi Kasus RSU Siti Asiyah Bumiayu)

WAHYONO, Wahyono (2023) ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI (Studi Kasus RSU Siti Asiyah Bumiayu). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (10kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-WAHYONO-42419073-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fuzzy Mamdani dalam mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di RSU Siti Asiyah Bumiayu sebagai upaya perbaikan mutu pelayanan. Setelah melakukan analisis menggunakan teknik Fuzzy Mamdani terhadap data dari 198 responden yang menjawab dua puluh pertanyaan terkait harapan dan kenyataan pelayanan, hasil akhir pengujian kepuasan pasien menunjukkan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 83.66%. Ini berarti bahwa sebagian besar pasien yang berpartisipasi dalam penelitian ini merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan rawat jalan di RSU Siti Asiyah Bumiayu. Hasil ini memberikan kontribusi penting dalam meng identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan. Faktor-faktor tersebut meliputi aspek-aspek seperti kenyataan (), kehandalan (reliability), kecepatan tanggapan (responsiveness), jaminan (Assurance), dan kepedulian (empathy) dalam konteks pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Temuan-temuan ini dapat memberikan wawasan baru bagi manajemen rumah sakit dalam upaya perbaikan mutu pelayanan. Data dianalisis menggunakan teknik Fuzzy Logic dengan bantuan perangkat lunak JFuzzyLogic dan bahasa pemrograman Java. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Fuzzy Mamdanidalam mengukur kepuasan pasien memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi manajemen rumah sakit dalam memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan pasien dan perbaikan mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAENI, KhurotulNIDN 0618098802
Thesis advisorFATULLAH, FatullahNIDN 0623048102
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Mamdani, kepuasan pasien, kualitas pelayanan, rumah sakit, JFuzzyLogic, Java.
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi dan Karya Umum > 000 Ilmu Umum; Ilmu Komputer dan Informasi > 004-Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer; Algoritma Komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Informatika - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:15
Last Modified: 13 Dec 2023 04:15
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item