Akrimah, Lalilatul (2016) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) MUTIARA HATI TERPADU DESA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212056_Halaman Awal.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (782kB) |
|
Text
40212056_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (20kB) |
|
Text
40212056_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (63kB) |
|
Text
40212056_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (59kB) |
|
Text
40212056_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (121kB) |
|
Text
40212056_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (53kB) |
|
Text
40212056_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (48kB) |
|
Text
40212056_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (2MB) |
Abstract
Rasa percaya diri itu penting bagi anak tunagrahita karena mereka memiliki kekurangan. Dengan kekurangan itu, maka rasa percaya diri anak tunagrahita harus ditingkatkan agar mereka yakin dengan potensi yang dimiliki meskipun mereka memiliki kekurangan. Dan peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Mutiara Hati Terpadu Desa Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik ini untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data untuk menganalisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SLB Mutiara Hati sudah menjalankan peranannya dalam meningkatkan rasa percaya diri anak tunagrahita yang meliputi keteladanan, inspirator, motivator dan evaluator. Hal itu dapat terlihat dari rasa percaya diri yang ditunjukan oleh anak tunagrahita baik di dalam maupun diluar kelas.
Actions (login required)
View Item |