Astari, Liliana (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA MELALUI METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV SD NEGERI LANGKAP 01 KECAMATAN BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212138_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (588kB) |
|
Text
40212138_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 May 2018. Download (71kB) |
|
Text
40212138_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (130kB) |
|
Text
40212138_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (197kB) |
|
Text
40212138_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (191kB) |
|
Text
40212138_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (51kB) |
|
Text
40212138_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (54kB) |
|
Text
40212138_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 31 May 2018. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode role playing dapat meningkatan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV SD Negeri Langkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Hasil belajar yang dimaksud yaitu mengenai kemampuan unggah-ungguh pada aspek kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posstest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I, II, III, IV, V dan VI SD Negeri Langkap 01. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Langkap 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan unggah-ungguh siswa kelas IV dengan menggunakan metode role playing meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa melampaui KKM. Aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Jawa. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana yaitu t hitung 5,936 dengan t tabel lebih kecil yaitu 2,069. Taraf signifikansi yang digunakan 5% dan t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan korelasi (R) adalah 0,493 yang memiliki arti pengaruh kuat, maka dihasilkan koefisien determinasi (R2) adalah 0,243 yang memiliki arti bahwa penggunan metode role playing memiliki pengaruh sebesar 24,3 % terhadap hasil belajar bahasa Jawa mengenai unggah-ungguh siswa kelas IV SD Negeri Langkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Hasil Belajar Bahasa Jawa | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 May 2017 07:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 May 2017 07:32 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
View Item |