KHUSNIA, Dwi Zurrotul (2023) ANALISIS KOMUNIKASI KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA DALAM MEMPENGARUHI TINGKAH LAKU PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.doc - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (58kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-DWI ZURROTUL KHUSNIA-40219034-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
Abstract
Penelitian ini memaparkan mengenai ketidaksantunan berbahasa, ketidaksantunan berbahasa tersebut disampaikan oleh sesama siswa yang berlatar belakang sekolah dasar dan ujaran ketidaksantunan berbahasa ditemukan di SD Muhammadiyah Bumiayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketidaksantunan berbahasa pada pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan data berupa bentuk ketidaksantunan berbahasa dan pengaruh ketidaksantunan berbahasa dalam tingkah laku pembelajaran. Peneliti menemukan bentuk-bentuk ketidaksantunan berbahasa meliputi kesembronoan, memain-mainkan muka, melecehkan muka, mengancam muka dan menghilangkan muka. Berdasarkan penelitian ini, ketidaksantunan berbahasa yang terjadi di lingkungan sekolah dapat dikatakan kurangnya penerapan bahasa santun yang masih rendah di kelas III B SD Muhammadiyah Bumiayu.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Ketidaksantunan Berbahasa, Tingkah Laku, Siswa Sekolah Dasar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:17 | ||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:17 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1543 |
Actions (login required)
View Item |