Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERSEPSI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU 01 CILONGOK TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

Anifah, Emi (2017) PERSEPSI SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU 01 CILONGOK TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH (MTs). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213147_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 June 2018.

Download (1MB)
[img] Text
40213147_Bab 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 June 2018.

Download (25kB)
[img] Text
40213147_Bab 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (89kB)
[img] Text
40213147_Bab 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (40kB)
[img] Text
40213147_Bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (101kB)
[img] Text
40213147_Bab 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (13kB)
[img] Text
40213147_ Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (17kB)
[img] Text
40213147_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (7MB)
[img] Text
40213147_Artikel.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi yaitu mayoritas siswa lulusan dari MI Ma’arif NU 01 Cilongok melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah (MTs). Ada sekitar 60,20% siswa Mi Ma’arif NU 01 Cilongok melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah (MTs), 18,37% melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 21,43% melanjutkan pendidikannya ke Pondok Pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Cilongok terhadap pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Cilongok tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki, dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas VI MI Ma’arif NU 01 Cilongok terhadap Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan banyak pendidikan Agama Islam, yaitu jumlah mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) banyak, seperti Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fikih, dan lain sebagainya. Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang memiliki pemahaman Agama Islam yang tinggi karena kriteria ketuntasan minimal pendidikan Agama Islam di MTs tinggi. Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang bagus dan berkualitas, karena MTs memiliki banyak program ekstrakulikuler sebagai upaya pengembangan potensi siswa. Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan yang relatif mahal, karena siswa membedakan biaya pendidikan MTs dengan SMP negeri, yang mana pendidikan di SMP negeri tidak dipungut biaya (gratis).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdiansyah, S.Pd.I., M.Si., AqibUNSPECIFIED
ExaminerSuprapto, M.Pd., YuniUNSPECIFIED
ExaminerRiyanton, S.S. M.Pd, M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pendidikan, dan Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 21 May 2017 06:59
Last Modified: 21 May 2017 06:59
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item