Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA KELAS V SD NEGERI BENDA 01 SIRAMPOG

Muanah, Muanah (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA KELAS V SD NEGERI BENDA 01 SIRAMPOG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40212143_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 June 2018.

Download (511kB)
[img] Text
40212143_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 June 2018.

Download (72kB)
[img] Text
40212143_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (324kB)
[img] Text
40212143_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (213kB)
[img] Text
40212143_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (102kB)
[img] Text
40212143_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (52kB)
[img] Text
40212143_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (18kB)
[img] Text
40212143_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 June 2018.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam proses pembelajaran hanya menggunakan model konvensional yang hanya berpusat pada guru karena siswa cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. hal ini berdampak pada rendahnya nilai ulangan matematika kelas V khususnya materi keliling dan luas lingkaran dari tahun ke tahun yang mendapatkan nilai diatas KKM dibawah 50%. Nilai KKM pelajaran matematika kelas V SD Negeri Benda 01 adalah 65. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi keliling dan luas ingkaran siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog efektif. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif, bentuk eksperimen, dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental-Design dengan bentuk desain One- Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog.Teknik pengumplan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, uji daya pembeda, uji ketuntasan individual, uji ketuntasn klasikan, dan uji banding. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog pada materi keliling dan luas lingkaran menggunakan model pembelajaran TAI dapat tuntas secara Individual. (2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog pada materi keliling dan luas lingkaran menggunakan model pembelajaran TAI dapat tuntas secara klasikal (3) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Benda 01 Sirampog pada materi keliling dan luas lingkaran setelah menggunakan model pembelajaran TAI lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran TAI. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran menjadi lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran TAI sehingga dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPurwaningsih, M.Pd., DianUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Team Assisted Individualization
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 30 May 2017 13:47
Last Modified: 30 May 2017 13:47
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item