Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERAN PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI TERAPI TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB C MANUNGGAL SLAWI

Hidayati, M.Pd.I., Lili PERAN PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI TERAPI TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB C MANUNGGAL SLAWI. Pendidikan. (Unpublished)

[img] Text
Artikl Jurnal bu lili.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 June 2018.

Download (307kB)

Abstract

Pendidikan adalah hak setiap warga Negara, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus.Bagi ABK, pendidikan diselenggarakan oleh Pendidikan khusus yang diselenggarakan bagi anak yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik yang berbeda dengan anak pada umumnya. Dan anak tunagrahita adalah anak yang memiliki masalah dalam belajar disebabkan adanya hambatan perkembangan inteligensi, mental, emosi, sosial dan fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidikan agama Islam bagi peningkatan kemandirian anak tunagrahita di SLB Manunggal Slawi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif sehingga analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.Untuk pengumpulan data dilakukan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembinaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama yang bekerjasama dengan beberapa pihak terkait mampu menjadikan anak tunagrahita lebih percaya diri yang akirnya mampu menumbuhkan kemandirian. Pola pembinaan yang diterapkan di SLB ini adalah pertama dengan pembinaan secara langsung, kedua, menumbuhkan kehidupan beragama di sekolah dan ketiga, terpadu antara sekolah dan orang tua. Pola pembinaan ini memerlukan kerjasama dan kerja keras semua pihak baik yang ada di sekolah, keluarga maupun masyarakat. Kerjasama yang baik antara ketiganya akan sangat bermanfaat bagi terbentuknya kemandirian anak tunagrahita dengan dasar nilai-nilai agama Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus C (ABK C), Kemandirian
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.7 Perkembangan Islam > Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam, Pesantren, TPA
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Sekolah Luar Biasa
Divisions: LPPM > Karya Ilmiah, Artikel Dosen
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 31 May 2017 10:20
Last Modified: 31 May 2017 10:40
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item