Hidayati, Novi Indah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MI MA’ARIF NU 01 PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40212040_Halaman Awal.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (636kB) |
|
Text
40212040_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 June 2018. Download (37kB) |
|
Text
40212040_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (76kB) |
|
Text
40212040_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (74kB) |
|
Text
40212040_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (478kB) |
|
Text
40212040_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (16kB) |
|
Text
40212040_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (23kB) |
|
Text
40212040_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 June 2018. Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif NU 01 Pekuncen. Pengambilan sampel menggunakan seluruh populasi yaitu siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Pekuncen yang berjumlah 32 siswa, diantaranya 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu tes berpikir kreatif yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya beda soal. Metode penelitian yang dilakukan yaitu pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Pekuncen, besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Pekuncen sebesar 53,1% sedangkan sisanya 46,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji korelasi diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel (0,728 > 0,349). Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu 9,337 + 0,541X dan t hitung lebih besar dari t tabel (5,823 > 1,697). Hasil uji F diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel (33,911 > 4,18) dengan signifikansi yang diperoleh senilai 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Pekuncen.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kreatif. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2017 13:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2017 13:50 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |