Search for collections on Repository Universitas Peradaban

KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV B (Studi Kasus) SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu Tahun Pelajaran 2016/2017

Khasanah, Marwiyatun (2017) KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV B (Studi Kasus) SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu Tahun Pelajaran 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213023_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2018.

Download (1MB)
[img] Text
40213023_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2018.

Download (31kB)
[img] Text
40213023_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (56kB)
[img] Text
40213023_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (35kB)
[img] Text
40213023_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (111kB)
[img] Text
40213023_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (18kB)
[img] Text
40213023_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (17kB)
[img] Text
40213023_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2018.

Download (849kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran diperlukan kemampuan komunikasi interpersonal guru. di SD islam Ta’allumul Huda Kecamatan Bumiayu guru kelas IV B memiliki komunikasi interpersonal yang baik. Tujuan peneliti ini peneliti ingin mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV B pada saat kegiatan belajar mengajar dikelas. Metode penelitian ini adalah penelitain kualitatif, dengan pendekatan study kasus. Sumber data peneliti ini adalah guru dan siswa-siswi kelas IV B tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan triangulasi teknik yaitu reduksi data, penyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa sudah baik, guru mampu memotivasi belajar siswa melalui efektivitas komunikasi interpersonal: sikap keterbukaan, sikap empati, sikap positif, sikap dukungan dan sikap kesamaan/kesetaraan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhiyarusoleh, M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerArifin, Lc., M.A., Muh. LuqmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 24 Jul 2017 10:22
Last Modified: 24 Jul 2017 10:22
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item