Lesmono, Fian Dwi (2017) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA 8 EKOSISTEM KELAS 5 SD NEGERI PAGOJENGAN 02 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213148_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213148_Bab 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (35kB) |
|
Text
40213148_Bab 2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (78kB) |
|
Text
40213148_Bab 3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (295kB) |
|
Text
40213148_Bab 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (69kB) |
|
Text
40213148_Bab 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (14kB) |
|
Text
40213148_Daftar _Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (19kB) |
|
Text
40213148_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (11MB) |
|
Text
40213148_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (46kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Pagojengaan 02. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem di SD Negeri Pagojengan 02 tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Pre Exsperimental Design menggunakan One Group Pretest Posttest. Teknik sampel yang digunakan Sampling Purposive, dengan jumlah sampel sebanyak 19 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan test, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh penerapan metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem di SD Negeri Pagojengan 02 tahun pelajaran 2016/2017. Besarnya pengaruh yaitu 72,2% dengan menggunakan metode Outdoor Learning, sedangkan sisanya sebesar 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel metode Outdoor Learning. Oleh karena itu dapat disimpulkan, penerapan metode Outdoor Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |