Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARCS BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII

Wulansari, Heryani Putri (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARCS BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313017_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (747kB)
[img] Text
40313017_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (41kB)
[img] Text
40313017_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (60kB)
[img] Text
40313017_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (214kB)
[img] Text
40313017_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (187kB)
[img] Text
40313017_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (23kB)
[img] Text
40313017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (23kB)
[img] Text
40313017_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Hasil UAS semester 1 mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 menunjukan bahwa nilai rata-ratanya mencapai 63,9, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARCS bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa materi bangun ruang. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa, perbandingan kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII H dan kelas kontrol VIII J yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pernalaran matematis siswa telah melampaui KKM dan lebih dari 75% siswa memiliki nilai kemampuan penalaran matematis lebih dari KKM. Nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen yaitu 87 dan nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis kelas kontrol yaitu 84. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa tedapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 76%, karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS bermuatan etnomatematika efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd, Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.Pd., DianUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARCS, Etnomatematika, Kemampuan penalaran Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 25 Jul 2017 14:47
Last Modified: 25 Jul 2017 15:47
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item