Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MATH MODULE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SIWA

Rintoyo, Rintoyo (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MATH MODULE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SIWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313029_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40313029_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (285kB)
[img] Text
40313029_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (166kB)
[img] Text
40313029_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (380kB)
[img] Text
40313029_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (640kB)
[img] Text
40313029_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (207kB)
[img] Text
40313029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (205kB)
[img] Text
40313029_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (19MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematika dan keterampilan proses siswa di SMP Negeri 2 Gumelar masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Keefektifan dapat dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan penalaran matematika siswa, perbandingan kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh keterampilan proses dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gumelar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 32 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji beda rata-rata, serta uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa melampaui 73 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen adalah 78,44 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa kelas kontrol yaitu 69,79. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi ŷ = -8,522 + 1,160x menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Math Module terhadap kemampuan penalaran matematika siswa sebesar 81,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Math Module efektif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmalia, M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si. M.Pd, M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd, Dedi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Discovery Learning berbantuan Math Module, Keterampilan Proses, Kemampuan Penalaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 29 Jul 2017 11:37
Last Modified: 29 Jul 2017 11:37
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item