Amamiah, Qomarany (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)TERHADAP KETERAMPILAN KERJASAMAN SISWA MATA PELAJARAN IPA SD NEGERI TARABAN 05 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213029_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (1MB) |
|
Text
40213029_BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 August 2019. Download (99kB) |
|
Text
40213029_BAB_2.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (253kB) |
|
Text
40213029_BAB_3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (359kB) |
|
Text
40213029_BAB_4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (387kB) |
|
Text
40213029_BAB_5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (196kB) |
|
Text
40213029_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (202kB) |
|
Text
40213029_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 August 2019. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kerjasama siwa. Dilihat pada saat pembelajaran berlangsung saat guru meminta siswa berpasangan atau berkelompok, hanya beberapa siswa yang melakukan kerjasama, dan banyak siswa yang masih malu-malu saat diminta ide atau pendapatnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Taraban 05 Desa Taraban Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dengan materi pelajaran gaya dan gerak pada tema 8 edisi revisi daerah tempat tinggal ku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre Experimen dengan desain One Shot Case Study. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 4 dan sampel adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Tenik analisis data yang digunakan ialah uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan kelas ekperimen. Kesimpulan tersebut didasarkan pada uji regersi sederhana dengan menggunakan F hitung. Hasilnya adalah nilai F hitung = 11,702 sedangkan F tabel 4,20 hal tersebut menujukan bahwa ada pengaruh model kooperatif TPS terhadap kerjasama siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Model Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Kerjasama Siswa | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2017 11:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2017 11:42 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/227 |
Actions (login required)
View Item |