Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 02 GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wulandari, Dwi Erni Agustina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 02 GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213057_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (1MB)
[img] Text
40213057_Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 August 2019.

Download (31kB)
[img] Text
40213057_Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (60kB)
[img] Text
40213057_Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (49kB)
[img] Text
40213057_Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (119kB)
[img] Text
40213057_Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (15kB)
[img] Text
40213057_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (16kB)
[img] Text
40213057_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 August 2019.

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Gunung Lurah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan experimen dan menggunakan one-group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan adalah non random dengan jumlah responden 27 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Gunung Lurah. Dengan persamaan regresi Y= -9,029 + 1,258X. Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,939 dan besarnya pengaruh penggunaan model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 88,2% sedangkan sisanya 11,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model Explicit Instruction.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerTriharso, M.Pd., Drs. Panji AgusUNSPECIFIED
ExaminerZufri, M.Pd., Drs. WahyudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Alat Peraga, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 24 Aug 2017 13:00
Last Modified: 24 Aug 2017 13:00
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item