Zulmi, Rifaldi (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TONJONG 06 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40213031_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2019. Download (287kB) |
|
Text
40213031_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2019. Download (163kB) |
|
Text
40213031_BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (211kB) |
|
Text
40213031_BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (165kB) |
|
Text
40213031_BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (227kB) |
|
Text
40213031_BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (90kB) |
|
Text
40213031_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (220kB) |
|
Text
40213031_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2019. Download (3MB) |
|
Text
40213031_ARTIKEL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 September 2019. Download (151kB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06 menjadi tanggungjawab guru kelas untuk dapat meningkatkannya. Melalui kinerja dan peran guru dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melampoi KKM yang ada, dari latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06, dengan fokus penelitian upaya guru dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06 pada ranah kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar meningkat dengan upaya yang dilakukan guru dengan mempersiapakan bahan ajar sebelum pembelajaran sebagai bahan untuk mengajar serta penguasaan materi, pengelolaan kelas yang bervariasi, keterampilan membuat dan menggunakan media, serta penilaian prestasi siswa. Kesimpulannya diperoleh bahwa upaya guru yang telah dilakukan dalam meningkatkan prestasi siswa adalah menguasai bahan ajar, pengelolaan kelas yang kondusif sesuai kondisi, pembelajaran yang berulang dengan menghafal dan mengulang ulang serta terampil membuat media dan evalusi tindak lanjut yang melibatkan kerja sama dengan pihak lain. Kenaikan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tonjong 06 berkisar 5%-30% di atas KKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru, Prestasi belajar, Sekolah Dasar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2017 13:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2017 13:52 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/254 |
Actions (login required)
View Item |