IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING DI KELAS VI SD NEGERI WATUJAYA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ajib Mukti, Makhbub (2017) IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING DI KELAS VI SD NEGERI WATUJAYA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40213158_Halaman Awal.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (380kB)
[img] Text
40213158_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (173kB)
[img] Text
40213158_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (393kB)
[img] Text
40213158_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (186kB)
[img] Text
40213158_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (518kB)
[img] Text
40213158_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (87kB)
[img] Text
40213158_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (139kB)
[img] Text
40213158_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2017.

Download (15MB)

Abstract

Hypnoteaching merupakan perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan bawah sadar. Apabila diukur dengan alat pengukur gelombang otak, ada empat macam gelombang yakni beta, alpha, theta dan delta. Hypnoteaching adalah metode pengajaran yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didiknya dengan memberikan sugesti positif yang berisi serangkaian kalimat verbal agar peserta didik dapat lebih memahami materi pelajaran. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui implementasi metode hypnoteaching yang dilaksanakan oleh seorang guru kelas VI di SD Negeri Watujaya kecamatan Tonjong kabupaten Brebes pada tema dua “selamatkan makhluk hidup”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode hypnoteaching meliputi tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan dalam pelaksanaan metode hypnoteaching terdiri dari enam macam, yaitu niat dan motivasi dalam diri sendiri, pacing, leading, menggunakan kata positif, memberikan pujian, dan modelling. Kesimpulan dari penelitian adalah pelaksanaan metode hypnoteaching berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dan perlu adanya perbaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, Metode Pengajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Sos Muhammad Nidzom
Date Deposited: 27 Mar 2017 07:38
Last Modified: 13 Apr 2017 10:39
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item