Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL DENGAN KRITERIA WATSON DI SMP MUHAMMADIYAH 03 PAGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fikri, Iqbal Maulana (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL DENGAN KRITERIA WATSON DI SMP MUHAMMADIYAH 03 PAGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313021_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (871kB)
[img] Text
40313021_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (91kB)
[img] Text
40313021_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (168kB)
[img] Text
40313021_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (24kB)
[img] Text
40313021_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (1MB)
[img] Text
40313021_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (10kB)
[img] Text
40313021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 April 2020.

Download (10kB)
[img] Text
40313021_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (192kB)
[img] Text
40313021_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Kriteria Watson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 03 Paguyangan. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa yang terdiri atas 2 siswa yang masing-masing berasal dari kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian yang dapat dikemukakan adalah kesalahan yang dilakukan oleh siswa hampir merata untuk setiap soal. Kesalahan yang paling menonjol dilakukan siswa adalah kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip) penyebab kesalahan tersebut karena siswa kurang memahami maksud soal. Kesalahan data hilang (omitted data/od) penyebab kesalahan kesalahan tersebut siswa karena kurang teliti. Kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc) penyebab kesalahan tersebut siswa lupa dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Kesalahan masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp) penyebab kesalahan tersebut siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmalia, S.Si., M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, S.Pd.I.,M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., Eka FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ananlisis Kesalahan Siswa, Kriteria Watson
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Apr 2018 10:59
Last Modified: 05 Apr 2018 10:59
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item