Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL ARIAS BERBANTUAN MANGKUK KERTAS DAN CHIPS BERMUATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Kurniasih, Kurniasih (2017) EFEKTIVITAS MODEL ARIAS BERBANTUAN MANGKUK KERTAS DAN CHIPS BERMUATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313020_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (1MB)
[img] Text
40313020_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (178kB)
[img] Text
40313020_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (185kB)
[img] Text
40313020_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (164kB)
[img] Text
40313020_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 2020.

Download (238kB)
[img] Text
40313020_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (20kB)
[img] Text
40313020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (21kB)
[img] Text
40313020_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (166kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matemtika siswa di SMP BU Bantarkawung masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Keefektifan dapat dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas siswa dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bustanul Ulum Bantarkawung tahun pelajaran 2016/2017.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Random Sampling.Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan,uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana dengan SPSS. 23 Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melampaui 61 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%.Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 80,375 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 64,38. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = a + bx = 16,870 + 0,966 x, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 83,3%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model ARIAS berbantuan mangkuk kertas dan chips bermuatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih efektiv dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAristiyo, S.Si. M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si, M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, S.Pd.I, M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, S.Si., M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran ARIAS, Konsep Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Apr 2018 10:59
Last Modified: 05 Apr 2018 10:59
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item