Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X

Mansyur, Mansyur (2017) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS X. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40313022_HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (980kB)
[img] Text
40313022_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (53kB)
[img] Text
40313022_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 April 2020.

Download (106kB)
[img] Text
40313022_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (138kB)
[img] Text
40313022_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (216kB)
[img] Text
40313022_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (18kB)
[img] Text
40313022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 April 2020.

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
40313022_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil UAS siswa kelas X semester Ganjil tahun ajaran 2016/2017 SMK Ma’arif NU Paguyangan menunjukkan bahwa rata-rata nilai UAS siswa belum mencapai KKM yaitu 75. Hal ini dikarenakan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih sangat rendah. Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa agar lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) mencapai KKM (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran konvensional (3) Terdapat pengaruh positif aktivitas pada model Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Ma’arif NU Paguyangan tahun ajaran 2016/2017 sebanyak delapan kelas. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling, terpilih kelas X AK 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 4 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 82,09 dengan proporsi ketuntasan belajar sebesar 87,88%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) yaitu 82,09 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 71,53 dan terdapat pengaruh positif aktivitas pada model Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 87,4%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, S.Si., M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Kemampuan Matematika, Model Pembelajaran Inside Outside Circle, IOC, Model Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Apr 2018 10:59
Last Modified: 05 Apr 2018 11:17
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item