Gunawan, Indra (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs. Bachelor thesis, Universitas Perdaban.
Text
40312002_HALAMAN AWAL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (1MB) |
||
Text
40312002_BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (264kB) |
||
Text
40312002_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (599kB) |
||
Text
40312002_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (493kB) |
||
Text
40312002_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (616kB) |
||
Text
40312002_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (90kB) |
||
|
Text
40312002_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text
40312002_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 31 December 2017. Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran model Resource Based Learning berbantuan Quipper School dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran konvensional, serta apakah terdapat pengaruh yang positif dari aktivitas siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning berbantuan Quipper School terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Ikhlas tahun pelajaran 2015/2016. Dengan cara acak terpilih sampel yaitu siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen sebesar 82,21 dan kelas kontrol sebesar 75,31. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh siswa kelas eksperimen mencapai KKM (individual dan klasikal). Dari hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan Berdasarkan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ= -3,748 + 1,127 X. Karena r_hitung>r_tabel maka terdapat hubungan yang positif dan besar pengaruh aktivitas siswa adalah 67,8 Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Resource Based Learning berbantuan Quipper School berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Resource Based Learning, Quipper School, Pemecahan Masalah Matematis, MTs. Al Ikhlas, Banjarharjo | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.Sos Muhaniz Muhaniz | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2017 07:35 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2017 07:35 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/32 |
Actions (login required)
View Item |