Utami, Anita Prilia (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MATERI LIMIT FUNGSI KELAS XI IPA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40311002_BAGIAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (55kB) |
|
Text
40311002_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (92kB) |
|
Text
40311002_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (300kB) |
|
Text
40311002_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2021. Download (986kB) |
|
Text
40311002_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 July 2021. Download (406kB) |
|
Text
40311002_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (49kB) |
|
Text
40311002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 July 2021. Download (23kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil UAS gasal tahun 2014/2015 kelas XI IPA diketahui bahwa rata-rata nilai UAS matematika masih dibawah standar KKM, dimana standar KKM adalah 75. Kemudian peneliti melakukan analisis terhadap hasil soal uraian UAS matematika diperoleh hasil kemampuan koneksi matematika siswa rendah. Selain masalah kemampuan koneksi matematika yang rendah ternyata aktivitas belajar siswa juga monoton. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Dengan merumuskan masalah apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan koneksi matematika dapat dikatakan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga kemampuan koneksi matematika siswa akan meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimn dengan desain Posttest-Only Control Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Brebes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen XI IPA 1 dan kelas kontrol XI IPA 2 yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata hasil belajar, uji ketuntasan klasikal, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana. Nilai rata-rata tes hasil tes koneksi matematika kelas eksperimen adalah sebesar 79,70 dan nilai rata-rata hasil tes koneksi matematika kelas kontol adalah sebesar 71,76. Nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa kelas eksperimen melampaui 75 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes koneksi matematika kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes koneksi matematika kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = - 23,957 + 1,355 X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa sebasar 80,2%. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E efektif terhadap kemampuan koneksi matematika materi limit fungsi. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika, pengelolaan kelas harus diperhatikan agar pembelajaran bisa tepat sasaran dan tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Cycle 7E , Kemampuan Koneksi Matematik Siswa | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2018 11:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2018 11:54 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/328 |
Actions (login required)
View Item |