Rahmana, Endang (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK AL FURQON BANTARKAWUNG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40311007_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (219kB) |
|
Text
40311007_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (138kB) |
|
Text
40311007_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (103kB) |
|
Text
40311007_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (187kB) |
|
Text
40311007_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (238kB) |
|
Text
40311007_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (233kB) |
|
Text
40311007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (234kB) |
|
Text
40311007_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan sangat penting dan sering digunakan pada kehidupan sehari-hari. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran CIRC dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Menurut hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi statistika pada siswa kelas XI SMK Al Furqon Bantarkawung, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, fokus materi pada penelitian ini adalah pada materi statistika pada pemusatan data. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui rata–rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa tuntas baik secara klasikal, rata–rata kemampuan pemecahan masalah kelas yang diberi penerapan model pembelajaran CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa lebih baik daripada kelas yang menggunakan model ekspositori, adanya pengaruh yang positif dari model CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, presentase ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik, rata–rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 78,26, kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol, dan ada pengaruh keaktifan peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantu Lembar Kerja Siswa efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Lembar kerja siswa, model pembelajaran CIRC | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2018 11:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2018 11:51 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/355 |
Actions (login required)
View Item |