Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Afriyani, Ade Novita (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40314001_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (133kB)
[img] Text
40314001_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (101kB)
[img] Text
40314001_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (120kB)
[img] Text
40314001_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (270kB)
[img] Text
40314001_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (168kB)
[img] Text
40314001_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (71kB)
[img] Text
40314001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (69kB)
[img] Text
40314001_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (13MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Terlihat dari hasil UAS semester 2 mata pelajaran matematika kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukan nilai rata-ratanya hanya mencapai 60,72 sedangkan KKM nya adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi bangun ruang sisi datar (kubus & balok). Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Cara pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan, uji ketuntasan proposi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah melampaui KKM dan lebih dari 75% siswa telah melampaui KKM. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen yaitu 79,61 dengan nilai tertinggi yaitu 94 dan nilai terendah yaitu 61. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 67,78 dengan nilai tertinggi yaitu 80 dan nilai terendah yaitu 60. Pada uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi yaitu (y ) ̂= -58,490+2,018X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 71,1%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT bermuatan etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPurwaningsih, M.Pd, DianUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerAmalia, M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 27 Oct 2018 11:51
Last Modified: 27 Oct 2018 11:51
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item