Suwarno, Indra (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADASISWA KELAS VIII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40314008_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (492kB) |
|
Text
40314008_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (182kB) |
|
Text
40314008_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (147kB) |
|
Text
40314008_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (190kB) |
|
Text
40314008_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (259kB) |
|
Text
40314008_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (87kB) |
|
Text
40314008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (98kB) |
|
Text
40314008_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VIII. Keefektifan dilihat dari perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)melalui pendekatan matematika realistik dengan model konvensional pada ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM), perbandingan lebih baik atau tidaknya antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan matematika realistik dengan model konvensional, serta besar pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental,yang artinya menguji cobakan model yang akan diteliti oleh peneliti. Hasil yang diperoleh yakni rata – rata ketuntasan kemampuan pemecahan masalah melampaui KKM yaitu 73 dengan prosentase ketuntasan lebih dari 75%. Nilai rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Uji regresi sederhana menunjukan adanya pengaruh positif keterampilan proses siswa dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 62,7%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah | |||||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan |
|||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | |||||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | |||||||||||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2018 11:34 | |||||||||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2018 11:34 | |||||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/361 |
Actions (login required)
View Item |