Pangestu, M. Ilham Yogi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40314014_Halaman Judul.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (861kB) |
|
Text
40314014_BAB1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (514kB) |
|
Text
40314014_BAB2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (813kB) |
|
Text
40314014_BAB3.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (708kB) |
|
Text
40314014_BAB4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (2MB) |
|
Text
40314014_BAB5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (497kB) |
|
Text
40314014_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 October 2023. Download (288kB) |
|
Text
40314014_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 31 October 2023. Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hasil Penilaian Akhir Semester 1 kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukan bahwa nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika mencapai 60,03 dan masih banyak siswa yang belum tuntas KKM dengan nilai 70. Pembelajaran konvensional yang monoton membuat siswa merasa kurang tertarik sehingga merasa kesulitan dan malas untuk belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi Matematika menggunakan Construct 2 pada materi Segiempat dan Segitiga siswa kelas VII adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dan mendeskripsikan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan aspek isi dan tujuan, aspek instruksional/pembelajaran serta aspek teknis media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada metode pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 44,5 dengan kategori sangat baik pada aspek isi dan tujuan, aspek pembelajaran memperoleh nilai sebesar 31 dengan kategori sangat baik dan pada aspek teknis memperoleh nilai sebesar 58 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan media yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata total 44,5 dari nilai maksimal 50 dengan kategori sangat baik dan memperoleh persentase kelayakan 89% dengan kategori sangat layak untuk digunakan.
Actions (login required)
View Item |