Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII

Pangestu, M. Ilham Yogi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40314014_Halaman Judul.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (861kB)
[img] Text
40314014_BAB1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (514kB)
[img] Text
40314014_BAB2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (813kB)
[img] Text
40314014_BAB3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (708kB)
[img] Text
40314014_BAB4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (2MB)
[img] Text
40314014_BAB5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (497kB)
[img] Text
40314014_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 October 2023.

Download (288kB)
[img] Text
40314014_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 October 2023.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hasil Penilaian Akhir Semester 1 kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukan bahwa nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika mencapai 60,03 dan masih banyak siswa yang belum tuntas KKM dengan nilai 70. Pembelajaran konvensional yang monoton membuat siswa merasa kurang tertarik sehingga merasa kesulitan dan malas untuk belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi Matematika menggunakan Construct 2 pada materi Segiempat dan Segitiga siswa kelas VII adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dan mendeskripsikan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan aspek isi dan tujuan, aspek instruksional/pembelajaran serta aspek teknis media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada metode pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 44,5 dengan kategori sangat baik pada aspek isi dan tujuan, aspek pembelajaran memperoleh nilai sebesar 31 dengan kategori sangat baik dan pada aspek teknis memperoleh nilai sebesar 58 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan media yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata total 44,5 dari nilai maksimal 50 dengan kategori sangat baik dan memperoleh persentase kelayakan 89% dengan kategori sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si, M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusholeh, S.Pd., M.Pd., UjangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Game edukasi, Construct 2
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan > Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaman (SLTP)
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Ilmu Ukur, Geometri, Trigonometri
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 01 Dec 2018 04:08
Last Modified: 01 Dec 2018 04:08
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item