Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JIPANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Noviana, Dina (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JIPANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40214009_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2022.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
40214009_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text
40214009_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (127kB)
[img] Text
40214009_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text
40214009_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)
[img] Text
40214009_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text
40214009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (58kB)
[img] Text
40214009_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2023.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta guru masih menggunakan model konvensional, sehingga siswa kurang tertarik dan masih banyak siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Jipang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri Jipang 01 yang berjumlah 33 siswa dan siswa kelas V SD Negeri Jipang 02 berjumlah 35 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis yaitu uji t-test sampel independent. Hasil penelitian uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,506 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh ttabel sebesar 2,449 sehingga thitung > ttabel, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZufri, M.Pd., Drs. WahyudinUNSPECIFIED
ExaminerTrisnawati, M.Pd., EkaUNSPECIFIED
ExaminerArdani, M.Pd., AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 26 Jan 2019 03:48
Last Modified: 26 Jan 2019 03:48
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item