Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN BERBANTUAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI PENGARASAN 04 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rahmawati, Dian (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN BERBANTUAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI PENGARASAN 04 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40214047_HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (259kB)
[img] Text
40214047_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (262kB)
[img] Text
40214047_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text
40214047_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (416kB)
[img] Text
40214047_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (446kB)
[img] Text
40214047_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text
40214047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text
40214047_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
40214047_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 January 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (141kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika serta kurangnya model dan media pembelajaran, sehingga ada beberapa siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan ular tangga terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Pengarasan 04 tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design one-shot case study . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pengarasan 04 tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh Fhitung sebesar 7,419 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 maka diperoleh Ftabel 5,32 sehingga Fhitung > Ftabel, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan ular tangga terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Pengarasan 04 tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdani, M.Pd., AnwarUNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.Pd, DianUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M.KhoirilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Meaningful Instructional Design, Media Ular Tangga, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 03 Feb 2019 04:55
Last Modified: 03 Feb 2019 04:55
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item