Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI SE-DESA LANGKAP BUMIAYU

Listiani, Vina (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI SE-DESA LANGKAP BUMIAYU. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] Text
40214076_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
40214076_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text
40214076_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text
40214076_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (174kB)
[img] Text
40214076_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text
40214076_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (59kB)
[img] Text
40214076_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (66kB)
[img] Text
40214076_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 March 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V A di MI Mimbarul Huda Langkap Bumiayu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan quasi experimental design dengan rancangan the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Se-Desa Langkap Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB MI Mimbarul Huda Langkap sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan tes. Data dianalisis menggunakan uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji proporsi dan uji beda rata-rata dengan SPSS. 16.0. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V melampaui 66 dengan presentase siswa yang tuntas melebihi 60%. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 74,30 lebih baik daripada nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol yaitu 57,55. Kesimpulan dari uraian di atas adalah penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan teori Van Hiele efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmalia, M.Pd., Sofri RizkaUNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd., Dedi NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Model Kontekstual, Teori Van Hiele, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 14 Mar 2019 04:30
Last Modified: 14 Mar 2019 04:30
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item