Nur’aini, Avivah (2018) PERAN ORANG TUA DAN GURU PEMBIMBING KHUSUS KEPADA SLOW LEARNER DI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
Text
40214086_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (848kB) |
|
Text
40214086_BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (33kB) |
|
Text
40214086_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (90kB) |
|
Text
40214086_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (32kB) |
|
Text
40214086_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (72kB) |
|
Text
40214086_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (19kB) |
|
Text
40214086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (20kB) |
|
Text
40214086_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 March 2024. Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penididikan yang diperuntukkan bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus memiliki karakter yang berbeda-beda, Khususnya Slow Learner dalam pembelajaran dirasa masih mengalami kesulitan Oleh karena itulah diperlukan peran orang tua dan guru pembimbing khusus untuk membantu mereka memberikan pendidikan yang lebih baik sesuai dengan karakternya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran orang tua dan guru pembimbing khusus kepada Slow Learner di SD Negeri 5 Arcawinangun.. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dan guru pembimbing khusus kepada Slow Learner di SD Negeri 5 Arcawinangun. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa peran orang tua yaitu meliputi: orang tua sebagai pendamping utama, orang tua sebagai advokat, orang tua sebagai Guru, orang tua sebagai diagnostian. Serta peran guru pembimbing khusus yang meliputi: merancang dan melaksanakan program kekhususan, melakukan identifikasi, asesmen dan menyususn program pembelajaran individual, memodifikasi bahan ajar, melakukan evaluasi, dan membuat laporan program dan perkembangan anak berkebutuhan khusus. Dengan peran peran tersebut, maka sebagian besar anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 5 Arcawinangun dapat memberikan layanan dengan baik. Saran untuk penelitian ini orang tua senantiasa mendorong anaknya untuk belajar bersungguh-sungguh di rumah dan di skolah, serta menyediakan fasilitas belajar yang mendukung perkembangan pendidikan bagi anaknya.
Actions (login required)
View Item |