Search for collections on Repository Universitas Peradaban

IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR DI SDN KUTAMENDALA 03 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wardah, Afiatul (2019) IMPLEMENTASI BIMBINGAN BELAJAR DI SDN KUTAMENDALA 03 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214001_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text
40214001_BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (28kB)
[img] Text
40214001_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (55kB)
[img] Text
40214001_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (28kB)
[img] Text
40214001_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (114kB)
[img] Text
40214001_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
40214001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img] Text
40214001_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2025.

Download (836kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan bimbingan belajar yang ada di SDN Kutamendala 03 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes dengan berbagai macam penyampaian yang berbeda. Penelitian ini difokuskan pada implementasi bimbingan belajar. Tujuan implementasi ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan belajar yang ada di SDN Kutamendala 03 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bimbingan belajar di SDN Kutamendala 03 membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, guru biasa menyebutnya dengan pendalaman materi. Implementasi bimbingan belajar yang ada di SDN Kutamendala 03 tidak sesuai dengan teori yang ada karena dalam pelaksanaannya guru menggunakan pedoman berupa RPP dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari, namun dalam programnya guru hanya biasa menyebutnya pendalaman materi. Kemampuan peserta didik setelah mengikuti bimbingan belajar menunjukan hasil yang sangat baik dengan persentase 90% pada masing-masing kelas dan berdampak pada pengetahuan peserta didik serta pada nilai PTS dan PAS peserta didik yang melebihi KKM. Implementasi bimbingan belajar yang ada di SDN Kutamendala 03 memiliki kelebihan yaitu dalam pelaksanaannya setiap guru menggunakan cara yang berbeda-beda. Sedangkan kekurangannya yaitu penerapan bimbingan belajar dilakukan dengan kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayati, M.Pd.I., LiliUNSPECIFIED
ExaminerArifin, Lc., M.A., Muh. LuqmanUNSPECIFIED
ExaminerWakhyudi, M.Pd., YukhsanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 06 Oct 2019 07:09
Last Modified: 06 Oct 2019 07:09
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item