Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN MEDIA STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Lutfianingsih, Lutfianingsih (2018) PENGEMBANGAN MEDIA STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214105_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214105_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text
40214105_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (357kB)
[img] Text
40214105_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (736kB)
[img] Text
40214105_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (1MB)
[img] Text
40214105_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
40214105_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text
40214105_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2025.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan bahan ajar yang belum bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media student worksheet berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas V pada mata pelajaran IPA yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan desain Quasi Eksperimental Design. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji banding Independent T-Test. Hasil penelitian diperoleh (1) student worksheet IPA berbasis inkuiri terbimbing layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media, materi dan respon siswa sebesar 4,85, 4,78 dan 4,45 dengan kategori sangat baik. (2) Student worksheet IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan ditunjukkan dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung 4,027 dengan signifikansi 5% dan ttabel adalah 1,711. Sehingga dapat disimpulkan bahwa student worksheet IPA berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 5 sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWinarto, M.Pd., WinartoUNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, S.Pd.I, M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Student Worksheet, Pendekatan, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:52
Last Modified: 07 Oct 2019 06:52
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item