Kartini, Saelisa (2018) PENGEMBANGAN MEDIA “BUPATI” POKOK BAHASAN BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214113_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
40214113_BAB I.pdf - Accepted Version Download (292kB) | Preview |
|
Text
40214113_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (236kB) |
||
Text
40214113_BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2025. Download (594kB) |
||
Text
40214113_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (1MB) |
||
Text
40214113_BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (149kB) |
||
|
Text
40214113_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
40214113_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk pendidikan berupa media pembelajaran “BUPATI” dalam membantu dalam menjelaskan konsep dasar bangun datar siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Deveompment (R&D) dengan mengikuti prosedur model ADDIE. Subjek yang digunakan sebagai sampel eksperimen penelitian adalah siswa kelas2 MI MAARIF NU 01 Kranggan. Tahapan penelitian produk dengan model pengembangan ADDIE meliputi: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media “BUPATI” dalam pembelajaran matematika menunjukan bahwa media “BUPATI” layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah mendapat penilaian dari para validator dengan uji validasi media, materi, dan melewati uji coba terbatas produk. Skor rata-rata yang diperoleh sebagai hasil validasi oleh ahli materi dan media yang mendapat nilai 4,32 dengan kategori “Sangat Baik”. Skor rata-rata hasil uji coba terbatas produk mendapat skor 42,17 dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba lapangan dengan menggunakan media “BUPATI” dalam pembelajaran matematika lebih efektif daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar siswa kontrol.
Actions (login required)
View Item |