Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN MEDIA “BUPATI” POKOK BAHASAN BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Kartini, Saelisa (2018) PENGEMBANGAN MEDIA “BUPATI” POKOK BAHASAN BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214113_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214113_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (292kB) | Preview
[img] Text
40214113_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (236kB)
[img] Text
40214113_BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 September 2025.

Download (594kB)
[img] Text
40214113_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (1MB)
[img] Text
40214113_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
40214113_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
40214113_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2025.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk pendidikan berupa media pembelajaran “BUPATI” dalam membantu dalam menjelaskan konsep dasar bangun datar siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Deveompment (R&D) dengan mengikuti prosedur model ADDIE. Subjek yang digunakan sebagai sampel eksperimen penelitian adalah siswa kelas2 MI MAARIF NU 01 Kranggan. Tahapan penelitian produk dengan model pengembangan ADDIE meliputi: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media “BUPATI” dalam pembelajaran matematika menunjukan bahwa media “BUPATI” layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah mendapat penilaian dari para validator dengan uji validasi media, materi, dan melewati uji coba terbatas produk. Skor rata-rata yang diperoleh sebagai hasil validasi oleh ahli materi dan media yang mendapat nilai 4,32 dengan kategori “Sangat Baik”. Skor rata-rata hasil uji coba terbatas produk mendapat skor 42,17 dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba lapangan dengan menggunakan media “BUPATI” dalam pembelajaran matematika lebih efektif daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar siswa kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFasha, S.Si., M.Pd., Eka FaridaUNSPECIFIED
ExaminerAkhyar, S.Si., M.Pd., M. KhoirilUNSPECIFIED
ExaminerArdani, M.Pd., AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Research and Development
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:52
Last Modified: 07 Oct 2019 06:52
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item