Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 1 SD/MI DITINJAU DARI PENGALAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH DI KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Desefriani, Dina (2018) PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 1 SD/MI DITINJAU DARI PENGALAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH DI KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214130_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214130_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[img] Text
40214130_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
40214130_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text
40214130_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
40214130_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text
40214130_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2025.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan prasekolah adalah pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan penting dalam mengembangkan kepribadian anak dan mempersiapkannya memasuki jenjang selanjutnya. Namun, masih banyak orang tua yang menganggap pendidikan prasekolah tidak terlalu penting. Hal itu dapat menimbulkan perbedaan kemampuan siswa kelas 1 SD/MI yang telah mengikuti pendidikan prasekolah dan yang tidak. Fokus penelitian pada prestasi belajar siswa kelas 1 SD/MI ditinjau dari pengalaman pendidikan prasekolah di Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 1 SD/MI ditinjau dari pengalaman pendidikan prasekolah di Kecamatan Gumelar Kabuptaen Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa kelas 1 yang telah mengikuti pendidikan prasekolah lebih unggul dari pada siswa yang tidak mengikutinya. Saran dalam penelitian ini orang tua agar lebih sadar akan pentingnya pendidikan prasekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhiyarusoleh, M.Pd., UjangUNSPECIFIED
ExaminerHidayati, M.Pd.I., LiliUNSPECIFIED
ExaminerRetnoningsih, M.Pd., Diyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pendidikan Prasekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 13 Oct 2019 04:30
Last Modified: 13 Oct 2019 04:30
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item