Rizki, Winda Urifatu (2018) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS V SD NEGERI TARABAN 04 PADA MATERI IPA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40214078_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40214078_BAB I.pdf - Accepted Version Download (32kB) | Preview |
|
Text
40214078_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (57kB) |
||
|
Text
40214078_BAB III.pdf - Accepted Version Download (34kB) | Preview |
|
Text
40214078_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
|
Text
40214078_BAB V.pdf - Accepted Version Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
40214078_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (11kB) | Preview |
|
Text
40214078_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ialah adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan pada dunia pendidikan. Harapan dalam pendidikan siswa mempunyai sikap kemandirian yang baik dalam proses pembelajaran tetapi pada kenyataannya sikap kemandirian siswa rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif sehingga siswa tingkat pemahamannya rendah. Seperti yang terjadi pada pembelajaran materi IPA guru hanya menggunakan metode ceramah. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh project based learning terhadap kemandirian siswa kelas V SDN Taraban 04 Pada Materi IPA tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pendekatan penelitian kuantitatif ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Taraban 04. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 9, 469 dengan taraf signifikasi 5% atau 0, 05 maka diperoleh ttabel 2, 418 sehingga thitung > ttabel. Jadi H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh project Based Learning terhadap kemandirian siswa kelas V SDN Taraban 04 Pada Materi IPA tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Kemandirian, Materi IPA | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Oct 2019 08:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Oct 2019 08:01 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/455 |
Actions (login required)
View Item |