Amanda, Lizia (NIM.40314011) (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KUMON BERBASIS SOAL SUPERITEM BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40314011_Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
40314011_Bab1.pdf - Accepted Version Download (72kB) | Preview |
|
Text
40314011_Bab2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (108kB) |
||
|
Text
40314011_Bab3.pdf - Accepted Version Download (213kB) | Preview |
|
Text
40314011_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (101kB) |
||
|
Text
40314011_Bab5.pdf - Accepted Version Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
40314011_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (21kB) | Preview |
|
Text
40314011_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (6MB) |
||
Text
40314011_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil PAS semester 1 mata pelajaran matematika kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya mencapai 64,42, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 76. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi statistika. Keefektifan dilihat dari perbandingan model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS dengan model konvensional pada ketercapaian kriteria ketuntasan minimun (KKM), perbandingan lebih baik atau tidaknya antara model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS dengan model pembelajaran konvensional, serta besar pengaruh dari model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS melampaui 76 dengan proporsi siswa yang tuntas 89%. Hasil rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis siwa kelas eksperimen adalah 86 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 67. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂=29,003+ 0,864X menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses belajar siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 82,3%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kumon berbasis soal superitem berbantuan LKS efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Kumon, LKS, Keterampilan Proses, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2019 04:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2019 06:49 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/486 |
Actions (login required)
View Item |