Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 SIRAMPOG

Azizah, Salsabila Nur (NIM40314024) (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 SIRAMPOG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40314024_HALAMAN_AWAL.pdf - Accepted Version

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40314024_BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (532kB) | Preview
[img] Text
40314024_BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
40314024_BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (628kB) | Preview
[img] Text
40314024_BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2025.

Download (670kB)
[img]
Preview
Text
40314024_BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40314024_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text
40314024_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2025.

Download (20MB)

Abstract

Hasil investigasi yang dilakukan dikelas X, sekitar 75% persentase kesalahan siswa dalam memecahkan masalah, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Hal ini mengakibatkan siswa belum dapat mencapai KKM senilai 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding, dan uji regresi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 75 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 83,42 lebih besar dari nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 73,51. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan menunjukkan regresi Ŷ= 2,934 + 1,050x. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 68,1%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAkhyar, S.Si., M.Pd., M. Khoiril (NIDN.0608088603)UNSPECIFIED
ExaminerKhiyarusoleh, M.Pd., Ujang (NIDN_0606068602)UNSPECIFIED
ExaminerAristiyo, S.Si., M.Pd., Dedi Nur (NIDN.0624098202)UNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.SI., M.Pd., Eka Farida (NIDN. 0606098602)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, CTL, Thinking Aloud Pair Problem Solving, TAPPS, keterampilan proses, kemempuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan > Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item