Krisbiyantoro, Tri Juli (NIM.40215033) (2019) UPAYA GURU DALAM KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENCIPTAKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SD NEGERI 4 GUMELAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215033_HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
40215033_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (204kB) | Preview |
|
Text
40215033_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (268kB) |
||
|
Text
40215033_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (109kB) | Preview |
|
Text
40215033_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (234kB) |
||
|
Text
40215033_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
40215033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (116kB) | Preview |
|
Text
40215033_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru dalam keterampilan pengelolaan kelas. Akibatnya kelas menjadi tidak kondusif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Gumelar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam keterampilan pengelolaan kelas untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif di SD Negeri 4 Gumelar Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam keterampilan pengelolaan kelas untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif di SD Negeri 4 Gumelar. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I, dan kepala sekolah SD Negeri 4 Gumelar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, sajian data,dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam keterampilan pengelolaan kelas untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif di SD Negeri 4 Gumelar adalah 1) cepat tanggap terhadap siswa, 2) memusatkan perhatian kelompok terhadap pembelajaran, 3) memberi instruksi pembelajaran yang jelas, 4) memberikan teguran agar siswa tetap tertib dan kondusif dalam mengikuti pembelajaran, 5) memberikan penghargaan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pengelolaan Kelas, Iklim Kelas | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Manajemen Kelas, Pengajaran | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:34 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/562 |
Actions (login required)
View Item |