Munawwaroh, Ana Aflahatul (NIM.40215037) (2019) PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI PANAMBANGAN KECAMATAN CILONGOK. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215037_Halaman Depan.pdf - Accepted Version Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
40215037_BAB_I.pdf - Accepted Version Download (183kB) | Preview |
|
Text
40215037_BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (310kB) |
||
|
Text
40215037_BAB_III.pdf - Accepted Version Download (104kB) | Preview |
|
Text
40215037_BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (291kB) |
||
|
Text
40215037_BAB_V.pdf - Accepted Version Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
40215037_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (160kB) | Preview |
|
Text
40215037_Lampiran_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran gerakan literasi sekolah dalam upaya peningkatan berpikir kritis siswa kelas tinggi di SD Negeri Panambangan. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan kegiatan membaca lima belas menit sebelum pelajaran. GLS ini mempunyai tiga tahap pelaksanaan yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini, bagaimana peran gerakan literasi sekolah dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir ktiris siswa kelas tinggi di SD Negeri Panambangan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui dan menjelaskan peran GLS dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tinggi di SD Negeri Panambangan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah, 1) Penerapan kegiatan membaca sudah dilakukan sebelum adanya GLS dari pemerintah, 2) GLS dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran, 3) Kemampuan berpikir ktitis siswa dengan adanya gerakan literasi ini mampu mengalami peningkatan melalui kegiatan bertanya, menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, membuat kesimpulan, serta keterampilan mengevaluasi dan menilai hasil pengamatan. Saran untuk penelitian ini yaitu kepada sekolah untuk terus menerus meningkatkan GLS dengan tiga tahapan pelaksanaan literasi dan kemampuan berpikir kritis siswa agar terus terasah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 08:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |